ASESMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (ANBK) 2022

        


            Malang – Memasuki hari kedua Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), Selasa (20/9), SMP Aisyiyah Muhammadiyah 3 (SMP AM3) mempersiapkan segalanya dengan lebih baik. Sama dengan hari sebelumnya, hari kedua ini pun masih dilaksanakan dengan 3 sesi dengan durasi waktu 90 menit.

        Seperti yang diketahui bahwa ANBK merupakan program penilaian terhadap mutu pendidikan di sekolah baik itu tingkat SD, MI, MTS, SMP dan tingkat selanjutnya, ANBK juga menilai kinerja dari sekolah dan guru. Dari ANBK pemerintah bisa membaca bagaimana kualitas sekolahan yang melakukan ANBK tersebut. Dapat dikatakan bahwa tujuan dari pelaksanaan ANBK adalah untuk menilai kinerja sekolah.

siswa antusisas dalam mengerjakan ANBK

        Mengingat pentingnya program ini, sedianya segenap panitia ANBK (SMP AM3) bekerja keras agar pelaksanaan dapat berjalan sesuai harapan. Ahmad Afif yang ditemui usai pelaksanaan ANBK hari pertama mengatakan bahwa masih terdapat kendala dalam pelaksaan ANBK perdana, seperti sistem program eror atau soal log out otomatis. Pria yang dipercaya sebagai teknisi pada ANBK (SMP AM3) 2022 ini menjelaskan hal tersebut kerap terjadi diduga banyaknya pengguna server di waktu bersamaan. “Kendala seperti sistem eror atau soal log out sendiri itu kerap terjadi, namun hal tersebut masih dapat teratasi dengan baik.”, ujarnya.

        Kendati demikian, teknisi dan proktor ANBK (SMP AM3) 2022 menegaskan hal tersebut cukup mengganggu. “Dampak dari kendala eror dan log out otomatis membuat siswa menjadi jengah dalam mengerjakan sebab harus mengisi ulang data diri.”, tambah Afif.

        Demi menghindari hal tersebut terulang kembali di Akhirnya pelaksanaan ANBK di (SMP AM3) mengambil semi online agar meminimalisir kendala eror dan log out otomatis pada saat pelaksanaanya. Afif berharap server pusat dapat meningkatkan kapasitas agar pelaksanaan ANBK berjalan mulus tanpa kendala teknis jaringan.

Sementara itu, Waka Kurikulum, Akhmad Fahrur Rouzi menuturkan harapannya semoga dari ANBK 2022 ini dapat meningkatkan mutu Sekolah secara keseluruhan. 

Komentar