KIEMAH BAKTI SMP AM3

Pada hari Jumat - Sabtu, 15 - 16 Desember 2023 SMP Aisyiyah Muhammadiyah 3 Malang (SMP AM3) melaksanakan kegiatan Kemah Bakti yang berlokasi di Ledok Ombo, Poncokusumo, Tumpang, Kab. Malang sebagai kegiatan rutinan Ekstrakulikuler Wajib Hizbul Wathan pada setiap tahunnya. 

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh peserta didik dari kelas VII, VIII, dan IX yang bertujuan untuk melatih kepemimpinan (leadhership) siswa serta kekompakan antar siswa. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan siswa dapat lebih memahami karakter serta menguatkan mental spriritualnya tentang tadabur alam.

Awal kegiatan ini dibuka dengan Apel Pembukaan, yang menjadi pembila yaitu Bapak Habiburrokhman selaku Waka Kesiswaan sekaligus membuka kegiatan kemah bakti. Setelah apel selesai, peserta didik dilatih untuk mendirikan tenda sendiri sebagai latihan kemandirian mereka.

Dalam kegiatan kemah bakti ini, anak-anak juga diselipkan 3 materi antara lain :

1. Cara melakukan pertolongan pertama (P2HW)

2. Cara bertahan hidup di dalam hutan (Survival dan Bushcraft)

3. Refleksi atau Muhasabah

Peserta didik juga dilatih untuk memasak agar menumbuhkan rasa tanggungjawab dan kemandiriannya agar tidak selalu bergantung kepada orang lain. Dalam setiap kegiatan peserta didik selalu didampingi dan diawasi oleh Bapak/Ibu Guru SMP AM3 dan pembina HW. 



Tidak hanya dilatih dalam kepemimpinan saja, kegiatan kemah bakti ini juga menyisipkan kegiatan bakti sosial di kampung warga terdekat seperti halnya membatu kerja bakti membersihkan kampung sekitar yang ditutup dengan mandi di aliran sungai dengan didampingi langsung oleh pembina HW dan Bapak Ahmad Afif selaku Guru SMP AM3. 

Komentar